Bersama Kita Bisa – Korwas PPNS Polda Metro Jaya perkuat Koordinasi
1 Desember 2021 09:48
Berita Aktual

Salah satu keberhasilan proses penanganan perkara tindak pidana adalah koordinasi yang optimal dengan ICJS terkait. Peningkatan komunikasi dan koordinasi harus senantiasa dilakukan. Sejalan dengan itu, pada tanggal 30 November 2021, bertempat di Balai Besar POM di Jakarta,  menerima kunjungan audiensi dari Korwas PPNS Polda Metro Jaya. Pada kesempatan tersebut, hadir pejabat baru Kasi Korwas PPNS Polda Metro Jaya beserta tim dan para PPNS Balai Besar POM di Jakarta.

Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Yudi Noviandi, M.Sc. Tech., Apt menyampaikan bahwa koordinasi harus dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan PPNS. Dalam hal bantuan personil dan upaya paksa diharapkan dapat dipenuhi secara optimal. Penerapan Undang-Undang No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengedepankan fungsi pembinaan secara langsung berpengaruh terhadap bisnis proses fungsi penindakan (ultimum remedium). Diperlukan sharing, masukan dan koordinasi dengan Korwas PPNS dalam pelaksanaannya. Kasi Korwas PPNS Polda Metro Jaya, AKP Ganawati Candra Dini, SH, S.IK menyampaikan bahwa penting melakukan koordinasi secara intensif serta sinkronisasi pemahaman mengingat Korwas PPNS merupakan unit yang memiliki tugas koordinasi dan pengawasan / pembinaan kepada PPNS. Kegiatan penindakan / proses penyidikan yang dilakukan oleh PPNS seyogyanya terpantau berada dalam pengawasan Korwas PPNS. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kesalahan prosedur / administrasi penyidikan yang tidak sesuai dengan KUHAP.

Selanjutnya diharapkan pertemuan ini akan semakin memperkuat koordinasi, komunikasi dan kesepahaman antara Balai Besar POM di Jakarta dengan Korwas PPNS Polda Metro Jaya dalam upaya meningkatkan efektifitas penindakan Obat dan Makanan di propinsi DKI Jakarta.

 

- Balai Besar POM di Jakarta –