Operasi Gabungan Bersama Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Amankan Peredaran Sediaan Farmasi yang tidak memenuhi persyaratan
30 November 2021 16:14
Berita Aktual

Sejalan dengan upaya memastikan beredarnya Obat dan Makanan aman di propinsi DKI Jakarta, maka pada tanggal 18 – 29 November 2021  telah dilaksanakan kegiatan Pengawasan dan Penertiban Obat dan Makanan di wilayah Propinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini diinisiasi oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Propinsi DKI Jakarta, dengan melibatkan Balai Besar POM di Jakarta dan SKPD terkait di jajaran Pemerintah Propinsi DKI Jakarta antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinas PPKUKM), Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Dinas KPKP), Polda Metro Jaya, Laboratorium Kesehatan dan Perumda Pasar Jaya.

Pada kegiatan apel gabungan kesiapan tugas, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Drs. Arifin, M.AP menyampaikan arahan bahwa kegiatan ini sangat penting mengingat Obat dan Makanan setiap hari dikonsumsi oleh masyarakat, untuk itu keamanan dan kesesuaian dengan persyaratan kesehatan harus dipenuhi. Dengan kegiatan Operasi Bersama ini, menunjukkan bahwa Pemerintah hadir untuk melindungi masyarakat. Terhadap temuan produk yang tidak sesuai ketentuan akan dilakukan tindak lanjut sesuai ketentuan yang berlaku. 

Pada kegiatan Operasi Bersama ini, Balai Besar POM di Jakarta beserta tim dari dinas terkait melakukan pengawasan terhadap sediaan farmasi yang dijual di toko/sarana yang berada di pasar perumda Pasar Jaya. Sedangkan pengawasan terhadap produk makanan dilakukan oleh Dinas KPKP beserta tim.  Terdapat 8 pasar yang dijadikan lokasi / sasaran pengawasan dan tersebar di 5 Kota Administrasi DKI Jakarta. Berdasarkan hasil pengawasan, ditemukan sediaan farmasi yang tidak memenuhi persyaratan antara lain OT BKO, obat kadaluwarsa serta obat TIE. Terhadap temuan dilakukan pendataan dan selanjutnya dilakukan pemusnahan oleh pemilik disaksikan petugas. Kegiatan ini merupakan implementasi nyata, sinergi antar stakeholder terkait dalam mengupayakan efektifitas pengawasan Obat dan Makanan di Provinsi DKI Jakarta. 

- Balai Besar POM di Jakarta –