Refleksi Satu Tahun Implementasi WBK untuk Perkuatan dan Sinergisme Menuju WBBM
25 November 2021 14:14
Berita Aktual

Badan POM berkomitmen untuk menerapkan Zona Integritas Reformasi Birokrasi pada semua Unit Pusat dan UPT Badan POM secara konsisten dan berkelanjutan. BBPOM di Jakarta memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi pada pengajuan pertama di Tahun 2020. Berbagai upaya mewujudkan layanan prima telah dilakukan diantaranya perbaikan infrastruktur kantor BBPOM di Jakarta agar pelanggan merasa lebih aman, nyaman serta dilayani dengan adil dan transparan. Dampak pandemi terhadap layanan publik sangat terasa dengan pembatasan tatap muka secara fisik serta pembatasan akses perjalanan karena lokasi kantor BBPOM di Jakarta berada di Jakarta Timur yang berbatasan dengan wilayah suburban. Oleh karenanya, untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, BBPOM di Jakarta menginisiasi dua program inovasi layanan publik dengan tujuan menjangkau masyarakat yang tetap ingin menerima layanan secara langsung.  

Capaian WBK harus ditingkatkan dengan intensifikasi dan penerapan Reformasi Birokrasi yang berorientasi pada outcome layanan prima kepada masyarakat. Selain itu, terus dilakukan monitoring dan evaluasi agar implementasi Reformasi Birokrasi dapat terus meningkat menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani salah satunya melalui kegiatan Refleksi Satu Tahun Implementasi WBK untuk Perkuatan dan Sinergisme menuju WBBM yang dilaksanakan pada 22 November 2021 bertempat di Sari Pacific Hotel, Jakarta. 

Acara dibuka dengan sambutan dan laporan kegiatan oleh Kepala BBPOM di Jakarta, Yudi Noviandi., M.Sc., Tech., Apt yang menyampaikan penguatan komitmen BBPOM di Jakarta yang diwujudkan dengan berbagai program dan inovasi yang terus berkembang sesuai dengan standar pelayanan prima. Inspektur Utama Badan POM, Dra. Elin Herlina, Apt., MPP melakukan peluncuran inovasi secara virtual yaitu  Sultan Betawi (Loket konsultasi dan layanan informasi sertifikasi di Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta) dan Kerling Jakarta (Kegiatan Sertifikasi dan Layanan Informasi Keliling Jakarta) berupa mobil operasional yang membuka sentra layanan di berbagai wilayah Provinsi DKI Jakarta sesuai jadwal yang ditetapkan. Selain itu, Ibu Irtama menyampaikan paparan materi mengenai evaluasi implementasi WBK BBPOM di Jakarta pada tahun 2021 dan memberikan masukan serta semangat untuk memotivasi BBPOM di Jakarta untuk terus melakukan peningkatan di berbagai area zona integritas. 

Materi Strategi Percepatan Reformasi Birokrasi disampaikan oleh Akhmad Hasmy, Ak selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III Kementerian PAN RB. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Forum Konsultasi Publik yang dihadiri pemangku kepentingan yang terdiri dari perwakilan Dinas Provinsi DKI Jakarta, Ombudsman, Asosiasi dan Gabungan Pengusaha, YLKI serta penerima layanan publik BBPOM di Jakarta. 

Monitoring dan evaluasi melalui sinergi stakeholder untuk memotret kondisi aktual dan upaya inovatif BBPOM di Jakarta merupakan input berharga dalam penyusunan strategi untuk meraih Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani yang menjadi target capaian BBPOM di Jakarta pada tahun 2022. 

#BBPOMdiJakarta

#NyokKiteWBBM