Optimalisasi Pengawasan IRTP Post Market
17 November 2021 08:16
Berita Aktual

Menindaklanjuti Surat Edaran Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM terkait pengawasan post market produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) oleh Dinas / Suku Dinas Kesehatan Kota / Kabupaten, pada tanggal 5 November 2021 Balai Besar POM di Jakarta telah melaksanakan FGD Pemanfaatan Tools Pengawasan IRTP di Post Market dengan mengundang petugas dari Dinas dan Suku Dinas Kesehatan di 6 (enam) wilayah Kota / Kabupaten se-DKI Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Bapak Yudi Noviandi, M.Sc.Tech., Apt. yang dilanjutkan dengan pemaparan dari Koordinator Kelompok Substansi Pemeriksaan Ibu Rini Asri, S.Si., Apt. terkait tata cara pengisian tools pengawasan dan penyampaian pelaporan tersebut. Diskusi interaktif dari seluruh peserta yang menyampaikan keterbatasan SDM dalam melakukan pengawasan; kendala pelaporan; serta berbagi tips & trik dari peserta yang telah rutin menyampaikan laporan hasil pengawasannya menciptakan kegiatan FGD semakin hangat dan penuh manfaat.

Rekomendasi yang dihasilkan dari FGD ini diantaranya : (1) Peningkatan pengawasan post market terhadap produk PIRT baik dalam hal konsistensi penerapan CPPOB-IRT oleh pemilik sarana, sampling produk dan pengujiannya; serta pengawasan kesesuaian label dan iklan PIRT; (2) Memaksimalkan peran petugas Puskesmas dalam pelaksanaan sampling, pengujian dan pengawasan label dan iklan PIRT; dan (3) Perlu adanya “pengingat” dari Balai Besar POM di Jakarta untuk setiap waktu penyampaian laporan triwulan hasil pengawasan.

Saling membahu demi perlindungan masyarakat mendapatkan pangan aman dan bermutu