BBPOM Jakarta Lakukan Rangkaian Kegiatan Pengawalan Kelurahan Intervensi Tahun 2020
16 November 2021 18:29
Berita Aktual

Dalam rangka pengawalan kelurahan yang diintervensi program Desa Pangan Aman Tahun 2020, BBPOM di Jakarta melakukan kegiatan operasional mobil laboratorium keliling dan KIE Obat dan Makanan terhadap komunitas pelaku usaha pangan yang ada di Kelurahan Kalisari, Kramat Jati, Cipinang Besar Utara, Utan Kayu Utara, dan Pondok Ranggon pada 10-16 November 2021.

Rangkaian kegiatan pengawalan yang dilakukan meliputi pengambilan sampel pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya dari komunitas ritel pangan, PKL/warung makan, dan IRTP yang telah dintervensi pada tahun 2020 dan juga pengujian sampel dengan Rapid Test Kit (Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Methanyl Yellow). Berdasarkan hasil kegiatan, masih ditemukan sampel yang mengandung Boraks dan Rhodamin B terutama pada produk kerupuk rambak dan kerupuk pasir yang banyak dijual di ritel pangan. Meskipun demikian, terdapat penurunan jumlah sampel Tidak Memenuhi Syarat jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan adanya rangkaian kegiatan pengawalan ini, dapat dipastikan keberlanjutan program Desa Pangan Aman di kelurahan yang sudah diintervensi serta untuk Kader serta Komunitas yang sudah dilatih dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri dan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayahnya.