Bimbingan Teknis dan Monitoring Evaluasi Engagement Pegawai BBPOM di Jakarta
12 November 2021 19:09
Berita Aktual

Sumber Daya Manusia adalah aset berharga organisasi yang harus dikelola secara optimal agar terbentuk SDM unggul berkualitas. Salah satu fokus penting pengelolaan SDM adalah memahami keinginan dasar pegawai agar dapat membangun rasa keterikatan dengan organisasi (engagement). Potret engagement pegawai merupakan salah satu input untuk mengukur keberhasilan organisasi dalam mengelola aspek yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan kesejahteraan pegawai, sehingga engagement terbentuk secara sukarela, kuat dan berkelanjutan.  Biro Sumber Daya Manusia BPOM telah secara konsisten memotret engagement pegawai melalui Survey Opini Pegawai yang dilaksanakan setiap 2 tahun dengan menilai aspek Pekerjaan, Peluang, Kualitas Hidup, Prosedur, Interaksi dan Komitmen Organisasi. Salah satu kinerja aspek yang dapat diukur secara jelas dan sangat mempengaruhi persepsi kesejahteraan pegawai adalah layanan belanja pegawai.  Menindaklanjuti Hasil Survey Opini Pegawai BBPOM di Jakarta sebagai salah satu UPT yang mendapat intervensi berdasarkan peningkatan nilai Survey Opini Pegawai yang cukup siginifikan pada Tahun 2020, Biro SDM melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Belanja Pegawai, Sosialisasi E-Tukin, Monitoring, Evaluasi dan Intervensi Hasil Survey Engagement Tahun 2020 pada 9-12 November 2021 yang diikuti oleh seluruh pegawai secara hybrid (daring dan luring) bertempat di kantor BBPOM di Jakarta. 

Pada sambutan pembukaan Bimtek, Kepala BBPOM di Jakarta Yudi Noviandi, M.Sc., Tech., Apt memberikan apresiasi kepada Biro SDM yang telah melaksanakan program secara konsisten dan berharap kegiatan ini menjadi motivasi BBPOM di Jakarta untuk terus memperkuat aspek engagement pegawai, termasuk pengelolaan belanja pegawai yang sesuai dan tepat waktu. Narasumber kegiatan adalah Kordinator Kelompok Substansi Pengelolaan Kinerja dan Kesejahteraan Pegawai,  Rika Kania, S.Si., Apt MPP bersama Analis Kepegawaian Pertama, Rizki Hidayat SE dan Psikolog Klinis Badan POM, Dra. Ariana Novadian Abrin K dan Debby Afradipta., S.Psi, M.Psi.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan pula beberapa kegiatan terkait diantaranya Personal Recognition terhadap perwakilan pegawai dengan Point of You, sosialisasi kesehatan mental pegawai dan konseling sebagai tindak lanjut survei kesehatan mental.  Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk deteksi dini kesehatan mental pegawai agar termonitor kesehatan fisik dan mental pegawai secara keseluruhan. 

SDM Unggul, Indonesia Maju. 

#BBPOMdiJakarta

#NyokKiteWBBM2022