Penghargaan Raksa Nugraha sebagai Bentuk Komitmen Perlindungan Konsumen
10 November 2021 15:14
Berita Aktual

Badan POM selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan Pelayanan Publik yang Prima dalam upaya perlindungan masyarakat dari Obat dan Makanan yang tidak sesuai standar. Anugerah Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Unit Pusat dan UPT Badan POM adalah potret keberhasilan Badan POM untuk melaksanakan tugas fungsi dengan tetap menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Predikat WBBM sebagai capaian tertinggi penerapan Reformasi Birokrasi, menitikberatkan pada pelayanan prima yang mengutamakan kepuasan pelanggan. 

BBPOM di Jakarta telah memperoleh predikat WBK pada tahun 2020 dan terus berupaya untuk meningkatkan implementasi Reformasi Birokrasi untuk memperoleh WBBM pada tahun 2022. Dalam rangka mendukung upaya WBBM, kepuasan dan perlindungan hak pelanggan menjadi fokus penting pelayanan. Untuk mendapatkan potret yang aktual dan berimbang, Badan POM mengikutsertakan BBPOM di Jakarta sebagai salah satu kandidat peserta Raksa Nugraha Indonesian Consumer Protection Award (ICPA) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BKPN). Dasar penugasan keikutsertaan ini adalah capaian BBPOM di Jakarta dalam meraih Predikat Pelayanan Prima dengan nilai 4.54 pada penilaian Indeks Pelayanan Publik UPT BPOM Tahun 2021. 

Setelah melalui rangkaian penjurian yang ketat, pada tanggal 10 November 2021 dilaksanakan Penganugerahan Raksa Nugraha Indonesian Consumer Protection Award (ICPA) dengan hasil BPOM mendapat peringkat tertinggi Platinum,  BBPOM di Jakarta bersama 4 (empat) UPT Badan POM berhasil meraih peringkat Gold. Prestasi ini merupakan wujud nyata upaya Badan POM untuk melayani, melindungi dan memasyarakatkan sikap keberpihakan kepada konsumen yang terdiri dari masyarakat, pelaku usaha dan pemangku kepentingan. Raihan Raksa Nugraha merupakan pendorong motivasi untuk BBPOM di Jakarta agar lebih bersungguh sungguh dalam upaya peningkatan pelayanan prima menuju WBBM. 

#BBPOMdiJakarta

#NyokKiteWBBM2022