Sinergi BBPOM di Jakarta Pastikan Pangan Aman di sentra takjil Jalan Panjang Jakarta Barat

07-04-2024 Umum Dilihat 33 kali

Jakarta – Kamis (04/04/2024),  BBPOM di Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat beserta OPD terkait melaksanakan kegiatan pengawasan pangan di sentra takjil jalan Panjang Jakarta Barat. Kegiatan  dipimpin langsung oleh Kepala BBPOM di Jakarta, Sofi Chandrawati Anwar.

Pada kegiatan pengawasan terpadu tersebut, BBPOM di Jakarta juga  melakukan sampling dan pengujian terhadap pangan yang diduga mengandung bahan  berbahaya menggunakan Rapid Test Kit Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Methanyl Yellow. Pengujian dimaksudkan guna melindungi masyarakat dari pangan yang berpotensi memiliki bahaya bagi kesehatan. Hasil pengujian pada sampel  makanan  menunjukkan terdapat 1 (satu) pangan yang mengandung bahan berbahaya Rhodamin B (pacar cina pada kolak) dan telah dilakukan pembinaan kepada pedagang untuk tidak menjual pangan tersebut. 

Selain itu, BBPOM di Jakarta juga melakukan kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) secara langsung kepada masyarakat, Penyebaran Leaflet oleh petugas antara lain 4 Bahan Berbahaya dalam makanan, Nomor Izin Edar Obat dan Makanan, BPOM Mobile, Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluarsa), Baca Label, dan Lima Kunci Keamanan Pangan.

Masyarakat terus dihimbau untuk menjadi konsumen cerdas sebelum membeli produk Obat dan Makanan selalu menerapkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa). Sehingga masyarakat dapat memperoleh produk Obat dan Makanan yang aman dan bermutu serta terhindar dari produk yang beresiko terhadap kesehatan.

Sarana