Komitmen tiada henti BBPOM Jakarta lakukan pengawasan pangan di Pasar Rawamangun Jakarta Timur.

04-04-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 151 kali

Jakarta – BBPOM Jakarta bersama jajaran Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan kegiatan terpadu dalam rangka keamanan pangan takjil di Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024 dikawasan sentra takjil Pasar Rawamangun Jakarta Timur pada Rabu (03/04/2024). Kegiatan dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan  dan Kepala BBPOM di Jakarta Sofiyani Chandrawati Anwar.

Pada kesempatan tersebut Eka Darmawan menyampaikan apresiasi dan pasti nya dukungan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh BBPOM di Jakarta untuk memberikan rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat selaku konsumen, sehingga pangan yang beredar dapat dijamin keamanan nya. Pengawasan dilakukan melalui sampling dan pengujian terhadap pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya menggunakan Rapid Test Kit terhadap 4 macam bahan berbahaya (Formalin, boraks, rhodamin B, dan Methanyl yellow). Berdasarkan hasil pengujian, tidak ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya. Sofiyani Chandrawati Anwar menyampaikan para pedagang dan masyarakat tentunya tetap perlu diberikan edukasi terkait ciri-ciri pangan yang mengandung bahan berbahaya.

 Dilakukan juga komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) dan pembagian leaflet 4 macam bahan berbahaya yang dilarang dalam pangan, Cek KLIK, BPOM Mobile dan Cek Nomor Ijin Edar. BBPOM di Jakarta berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari Pangan yang mengandung bahan berbahaya dan menjamin keamanan serta mutu pangan. Masyarakat terus dihimbau untuk menjadi konsumen cerdas sebelum membeli produk Obat dan Makanan selalu menerapkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa).

Sarana